Minggu, 09 Desember 2012

KEGIATAN BK DI SD


A.    Sistem dan Kegiatan Pendidikan pada SD
1.      Bidang Bimbingan Pribadi
Dalam bidang, bimbingan pribadi, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD menemukan dan memahami serta mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, aktif dan kreatif, serta sehat jasmani dan rohani. Bidang bimbingan ini meliputi pokok-pokok materi berikut :
1.      Penanaman sikap dan kebiasaan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang, Maha Esa
2.      Pengenalan dan pemahaman tentang kekuatan diri sendiri dan penyalurannya untuk kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif, baik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, maupun untuk perannya di masa depan
3.      Pengenalan dan pemahaman tentang bakat dan minat pribadi serta penyaluran dan pengemoangannya melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif
4.      Pengenalan dan pemahaman tentang kelemahan diri sendiri dan usaha-usaha penanggulangannya
5.      Pengembangan kemampuan mengambil keputusan sederhana dan mengarahkan diri
6.      Perencanaan serta penyelenggaraan hidup sehat
2.      Bidang Bimbingan Sosial
Dalam bidang bimbingan sosial, pelayan bimbingan dan konseling membantu siswa SD dalam proses sosialisasi untuk mengenal dan berhubungan dengan lingkungan sosial yang dilandasi budi pekerti luhur dan rasa tanggung jawab. Bidang bimbingan ini memuat pokok-pokok materi berikut :
1.      Pengembangan kemampuan berkomunikasi baik melalui ragam lisan maupun tulisan secara efektif
2.      Pengembangan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial, baik di rumah. di sekolah, maupun di masyarakat dengan menjunjung tinggi tata krama, sopan santun serta nilai-nilai agama, adat, peraturan dan kebiasaan yang berlaku
3.      Pengembangan hubungan yang dinamis dan harmonis serta produktif dengan teman sebaya
4.      Pengenalan dan pemahaman peraturan dan tuntutan sekolah, rumah dan lingkungan, serta kesadaran untuk melaksanakannya.
3.      Bidang bimbingan belajar
Dalam bidang bimbingan belajar, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan, serta menyiapkannya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Bidang bimbingan ini memuat pokok-pokok materi berikut :
1.      Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar untuk mencari informasi dari berbagai sumber belajar, bersikap terhadap guru dan nara sumber lainnya, mengikuti pelajaran sehari-­hari, mengerjakan tugas (PR), mengembangkan keterampilan belajar, dan menjalani program penilaian
2.      Pengembangan disiplin belajar dan berlatib, baik secara mandiri maupun kelompok
3.      Pemantapan dan pengembangan penguasaan materi pelajaran di SD
4.      Orientasi belajar di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama
4.      Bidang Bimbingan Karier
Dalam bidang, bimbingan karier, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD mengenali dan mulai mengarahkan diri untuk mass depan karier. Bidang bimbingan ini menurut pokok­-pokok materi berikut:
1.      Pengenalan awal terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup
2.      Pengenalan, orientasi dan informasi karier pada umumnya, secara sederhana
3.      Pengenalan dan pemahaman diri secara awal berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan
4.      Orientasi dan informasi sederhana terhadap pendidikan yang lebih tinggi, khususnya dalam kaitannya dengan karier yang hendak dikembangkan.
Catatan
Bimbingan karier di SD merupakan kegiatan yang paling awal dan mendasar bagi pengembangan karier secara menyeluruh sepanjang hayat. Materi bimbingan karier yang diberikan pada tingkat ini bersifat umum dan tidak mengarah pada jenis-jenis jabatan/pekerjaan tertentu. Pemberian materi bimbingan karier untuk siswa-siswa SD pada umumnya dimaksudkan untuk:
·         Mengembangkan sikap positif terhadap segala jenis pekerjaan. Dalam hal ini Guru Kelas harus benar-benar berhati-hati. Jangan sampai melalui kata, isyarat atau tindakan. Guru Kelas menunjukkan atau menampilkan prasangka ataupun kecenderungan tertentu terhadap jenis-­jenis pekerjaan (misalnya, pekerjaan tertentu disikapi positif, sedang yang lainnya disikapi negatif).
·         Membawa para siswa untuk menyadari betapa luasnya dunia kerja yang ada, terentang dari pekerjaan yang dijabat orang tua anak-anak itu sendiri sampai ke segala macam pekerjaan di masyarakat luas.
·         Menjawab berbagai pertanyaan para siswa tentang pekerjaan. Dorongan ingin tabu anak-anak akan membawa mereka menanyakan segala sesuatu tentang pekerjaan. Dalam hal ini jawaban atau informasi yang tepat dan benar (tidak dibuat-buat atau disamarkan) harus segera diberikan setiap waktu mereka bertanya.
·         Menekankan jasa dari masing-masing jenis pekerjaan, yaitu untuk kesejahteraan hidup rumah tangga dan masyarakat (tidak hanya mengemukakan besarnya gaji atau penghasilan yang diperoleh melalui pekerjaan itu). Perlunya bakat atau kemampuan atau keterampilan khusus untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu, terutama pekerjaan yang bermanfaat bagi pemberian bantuan kepada sesama manusia, hendaklah disampaikan dan ditonjolkan.
Informasi pekerjaan untuk siswa kelas tinggi SD perlu diperluas in diperkuat. Hal ini bertujuan agar mereka memahami bahwa:
·         Pekerjaan ada di mana-mana, di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, propinsi, negara, dan bahkan dunia. Pada tingkat perkembangan itu, siswa mulai membandingkan pekerjaan-pekerjaan, yang ada di desa dan di kota, di daerahnya sendiri dan di daerah lain. Siswa dirangsang untuk mulai menyadari bahwa ada seribu satu macam earn yang dilakukan oleh manusia untuk mencari penghidupan dan memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai jenis pekerjaan.
·         Terdapat saling ketergantungan antara pekerjaan yang satu dengan yang lainnya. Pada diri siswa perlu dikembangkan bahwa untuk terlaksananya suatu pekerjaan dengan baik, para pekerja saling terkait antara yang satu dengan yang lainnya; oleh karenanya para pekerja itu harus saling membantu dan bekerja sama
·         Baik kemampuan khusus maupun ciri-ciri kepribadian tertentu diperlukan untuk mencapai keberhasilan (kesuksesan) bagi sebagian besar jenis pekerjaan.
·         Untuk memilih suatu pekerjaan diperlukan informasi yang tepat (yaitu tentang hakekat pekerjaan itu sendiri, latihan yangdiperlukan, kondisi kerja, dsb).
·         Ada berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh orang­-orang yang menginginkan pekerjaan tertentu (seperti peralatan yang diperlukan untuk pekerjaan itu mahal, biaya untuk program pendidikan dan latihan mahal dan waktunya lama, kondisi kerja dalam pekerjaan itu kurang menyenangkan, dsb).
·         Untuk memilih pekerjaan atau karier di masa depan perlu kehati-hatian dan pertimbangan yang matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar